Home > 1 > Tips And Trik menjalankan bisnis eCommerce

Tips And Trik menjalankan bisnis eCommerce

di dalam peembuatan bisnis e-commerce atau bisnis online.  saya agak kesulitan untuk menentukan hal yang terbaik dalam pembangunan nya, maka saya mencoba dan mulai mencari tips dan trik agar dapat memperkuat bisnis online e-commerce saya, dan akhirnya saya mendapatkan tips dan triks ersebu dari e-book karya ARYA INDRA W, berikut pemaparan trips and trik nya:

1) Umumnya masalah yang ditemui bagi (calon) konsumen dari Indonesia adalah yang
berkaitan dengan kepercayaan. Calon konsumen banyak yang susah percaya dengan
sistem penjualan online (misalnya, takut tertipu sudah melakukan pembayaran namun tidak ada
pengantaran barang).
Cara paling mudah untuk mencegah hal ini adalah dengan mencantumkan alamat dan nomor
1 / 5
Beberapa Tips dan Trik dalam Penggunaan E-Commerce
Ditulis oleh ARYA INDRA W
Senin, 22 Desember 2008 00:05 –
telepon di website atau di signature email, karena ini menjadi bukti bahwa penjualan ini tidak
main-main atau bohongan, sekaligus memberikan kepercayaan pada calon konsumen bahwa
penjual “mudah dicari”. Ini sesuai pula dengan masukan salah seorang anggota Milis Dunia
Wirausaha yang melihat performance sebuah online shop berdasarkan history penjualan
selama ini, misalnya di E-bay dimana konsumen bisa melihat sudah berapa banyak penjualan
yang berhasil dilakukan. Ketidakpercayaan ini juga bisa timbul
karena calon konsumen tidak bisa melihat langsung contoh barang yang dijual.
Karena itu, sebaiknya ada pula keterangan mengenai Info Barang.
2) Perlu adanya info tentang barang yang jelas dan cukup detail karena calon konsumen
tidak bisa langsung memegang dan melihat (langsung) barang yang ingin dibeli. Foto produk
adalah hal yang sangat penting, termasuk juga apabila barang yang dijual tersebut multifungsi.
Sebaiknya menyediakan berbagai tampilan foto yang memperlihatkan masing-masing
fungsinya.
Detail-detail lain yang selayaknya ditampilkan pula ialah :
– Pilihan warna (dengan foto).
– Info ukuran dan info bahan.
– Info perawatan.
– Info pengecekan jumlah barang yang tersedia.
2 / 5
Beberapa Tips dan Trik dalam Penggunaan E-Commerce
Ditulis oleh ARYA INDRA W
Senin, 22 Desember 2008 00:05 –
Sebaiknya langsung tersedia info ini (bukan menghubungi kembali), karena ini akan
mempengaruhi keinginan konsumen untuk membeli (berkaitan dengan total berat barang yang
yang akan dibeli dan perbandingannya dengan ongkos pengiriman).
3) Harga yang kompetitif. Pasalnya, konsumen online biasanya akan lebih mudah
membandingkan dengan harga-harga jual di toko online lainnya ataupun toko biasa.
4) Pengiriman yang murah dan cepat biasanya menjadi masukan juga untuk si calon
konsumen.
Beban biaya pengiriman akan lumayan terasa berat jika barangnya sendiri kecil secara ukuran
atau murah secara nominal harga. Akan lebih baik jika ada penawaran beberapa jenis kiriman,
biasa atau ekspress. Akan tetapi ada pula pengiriman barang yang tidak memperhatikan
dimensi dan berat total barang.
TIKI termasuk salah satu jasa pengiriman yang direkomendasikan karena calon konsumen bisa
mengecek sendiri lewat http://www.tiki.co.id untuk melihat harga kirim sesuai wilayah dan berat.
Alternatif lainnya, ialah membuat jasa kurir sendiri (khusus) untuk melayani pengiriman (untuk
pengiriman lokal, misalnya Jakarta saja) dimana jasa kurir ini juga bisa bekerja sama dengan
kurir lain untuk pengiriman luar kota.
3 / 5
Beberapa Tips dan Trik dalam Penggunaan E-Commerce
Ditulis oleh ARYA INDRA W
Senin, 22 Desember 2008 00:05 –
5) Untuk pembayaran, ada beberapa alternatif. Akan lebih mudah bagi konsumen apabila
ada beberapa pilihan pembayaran misalnya: transfer bank setelah barang diterima,
pembayaran didepan atau kartu kredit.
Untuk COD (Cash on Delivery), sebaiknya hal ini dipilih apabila menggunakan jasa kurir
pribadi, terutama untuk konsumen baru (yang baru pertama kali membeli atau memakai jasa)
dimana umumnya mereka lebih merasa aman dengan COD.
Akan jadi nilai plus apabila sang kurir bisa menerangkan pada konsumen tentang cara
pemakaian barang tersebut.
6) Pengemasan, tergantung pada barang apa yang dijual dan lokasi tujuan barang.
Biasanya kalau dekat, cukup dengan plastik, namun untuk luar kota tetap harus ada
pengemasan yang lebih kuat dan aman, apalagi jika barangnya dapat rusak atau pecah.
7) Customer Service harus tersedia dan siap dihubungi oleh konsumen kapan saja. Karena
e-commerce tergolong baru di Indonesia, jadi jika barang belum
diterima, konsumen sering was-was dan terus menerus menghubungi penjual. Maka sangat
diperlukan customer service yang dapat dengan cepat menanggapi pertanyaan maupun
keluhan.
8) Pilih tempat web hosting yang reliable dan supportnya mudah di hubungi.
4 / 5
Beberapa Tips dan Trik dalam Penggunaan E-Commerce
Ditulis oleh ARYA INDRA W
Senin, 22 Desember 2008 00:05 –
9) Adanya keterangan update pemesanan sampai pengiriman. Misalnya, pemberitahuan
setelah form pesanan diterima, pemberitahuan setelah pembayaran diterima, serta
pemberitahuan mengenai waktu pengiriman dan perkiraan tiba di tempat konsumen.
10) Insentif untuk pengunjung atau konsumen. Misalnya untuk konsumen yang aktif di
website tersebut, ex: tersedia potongan harga senilai Rp.X untuk pengunjung yang mengisi
kuesioner. Intinya, seperti masukan seorang anggota milis Dunia Wirausaha yaitu Toko Online
yang “bagus” adalah yang bagus secara sistem aplikasi juga sistem pelayanannya.
11) Komersialisasi situs web. Pemilik juga harus memperhatikan sumber pendanaan per
bulannya, antara lain untuk hosting dan domain Jika belum mendapatkan pendapatan dari web,
maka ia harus menyediakan cadangan dana. Karena itu mengkomersialisasi-kan web Toko
Online juga bisa menjadi perhatian khusus.
Contoh, lewat pemasangan iklan banner di mana pengiklan biasanya mau memasang iklan
apabila web tersebut ramai pengunjungnya.Untuk melihat hal ini, perlu disediakan juga tools
untuk memeriksa traffic kunjungan, dan cara-cara internet marketing yang baik (tidak
melakukan spam).

Categories: 1
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a comment